Senin, 22 Juni 2015

MESIN INDO JARWO TRANSPLANTER LEBIH EKONOMIS





OLEH : Ir. Sudjadi, MM (Penyuluh Pertanian Madya Provinsi Lampung)

Ir. Sudjadi, MM.
BAKORLUH – Mesin Indojarwo transplanter kini tengah hangat menjadi perbincangan para pelaku utama. Pasalnya alat mesin tersebut mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha tani padi sawah dengan BC ratio berturut-turut 13,9 dan 2,6. Kedua angka tersebut diperoleh dari penggunaan alat mesin Indojarwo transplanter dan sistem tanam jajar legowo dibanding sistem tanam tegel. Sehingga memberi tambahan keuntungan masing masing Rp.5,6 juta dan Rp. 1,2 juta /ha dibanding sistem tanam tegel.

Tentunya keberadaan mesin yang masih tergolong baru ini turut mendukung usaha  Pemerintah melalui Kementerian Pertanian yaitu mewujudkan swasembada dan swasembada pangan berkelanjutan. Dengan demikian diharapkan Indonesia mampu memacu produksinya untuk surplus beras sebesar 10 juta ton pada tahun 2016.

 
Tanam dengan Mesin indojarwo tranplanter
Dalam perwujudannya menjadi negara yang surplus beras berbagai kendala pun kerap dihadapi. Diantaranya menurunnya luas areal tanam yang disebabkan adanya mutasi lahan,  ancaman perubahan iklim global, terbatasnya ketersediaan air irigasi, masih tingginya kehilangan hasil karena perlakuan panen yang kurang baik dan serangan OPT, menurunnya ketersediaan tenaga kerja baik mutu maupun jumlahnya  untuk melakukan intesifikasi pertanian (PTT dengan sistem tanam jajar legowo), serta menurunnya minat generasi muda dalam usaha dibidang pertanian.
Indojarwo diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi salah satu permasalahan diatas. Kami ingin agar generasi muda berminat dalam bidang usaha pertanian, sekaligus mampu meningkatkan mutu intesifikasi PTT dengan penerapan sistem tanam padi dengan jajar legowo (JARWO). Tanam padi sawah dengan sistem jarwo mampu meningkatkan produksi sebesar  21,53 – 33,69 % dibanding dengan sistem tegel/konvensional ( BPTP Lampung, 2014).

Tanam menggunakan model legowo secara manual

Sementara itu, pada musim tanam kemarau 2014 lalu, telah dilakukan demonstrasi tanam padi dengan menggunakan mesim tanam ” indojarwo transplanter. Indojarwo sendiri merupakan alat mesin pertanian yang digunakan untuk melakukan tanam padi sawah dengan system tanam jajar legowo. Dengan alat/mesin ini akan dihasilkan suatu pertanaman padi dilahan sawah berjarak tanam 2-1 (sistem jajar legowo).

Beberapa keunggulan alat indojarwo transplanter:
  • Kebutuhan waktu tanam 5 - 6 jam /ha 
  • Jarak tanam dalam barisan dapat diatur + 13 – 15 cm
  • Kedalaman tanam dapat diatur 
  • Jumlah tanam dalam 1 rumpun: 2 - 4 batang 
  • Dapat menghemat biaya  semai tanam 
  • Biaya tanam akan lebih murah Rp.500.000/ha.


Percontohan Demfarm Tahun 2014 :

Nama kelompok tani
:
Sari Setia II
Alamat
:
Desa Rejo Asri, Kec. Seputih Raman
Ketua
:
Suyetno
Difasilitasi oleh
:
BPTP Lampung dan Bakorluh Lampung
Pelaksanaan :
Tanam
Panen
Luas area

:
:
:

24 Mei 2014
05 juni 2014
4 Ha
Perlakuan
:
1)   2 Ha ditanam dengan teknologi alsin indo jarwo trans planter, 2 - 1 (40 - 20 X 15 cm) dengan 2 - 3 tanaman per rumpun, menggunakan pesemaian dapok, umur bibit 15 hari (merupakan spesifikasi alsin alat tanam) , varitas Impari 18.
2)   1 ha dengan teknologi jarwo manual (jarwo yang ditanam dengan tenaga manusia//tanpa menggunakan alat tanam jarwo, dengan jarak tanam 40 – 20 X 15 cm, dengan 2 – 3 tanaman/rumpun, umur bibit 21 – 23 hari. , varitas Impari 18.
3)   1 ha ditanam menggunakan jarak tanam tegel (non jarwo) ditanam dengan tenaga manusia, dengan jarak tanam  20 X 20 cm, dengan 2 – 3 tanaman/rumpun, umur bibit 21 – 23 hari. , varitas Impari 18.
Dosis pupuk
:
Masing-masing perlakuan menggunakan dosis pupuk: pupuk organic 2 ton/ha (petroganik), pupuk urea 170 kg/ha, NPK phonska  200 kg/ha.
Perbandingan Biaya Tanam/Lama Pengerjaan
:
Biaya tanam dengan mesin Indojarwo Rp. 500.000,- / ha dan dapat diselesaikan selama 4 jam.

Biaya tanam sistem tegel Rp. 600.000/ha, dibutuhkan 12-15 orang dan dikerjakan selama 1 hari kerja).

Sedangkan dengan jarwo manual dibutuhkan biaya tanam  Rp.900.000,- (dibutuhkan orang 12 – 15 orang dikerjakan selama 1 hari).
Tambahan Benih
:
Tanam dengan teknologi jajar legowo (jarwo) perlu tambahan benih padi sebanyak 5 kg/ha, senilai Rp.75.000,-
Hasil
:
Hasil dihitung berdasarkan ubinan ( 2,5 x 4 m) dengan ulangan 3 kali; yang dikonversikan dalam 1 ha  (dikalikan 1000) dalam bentuk gabah kering panen (GKP).
 



Analisis produktivitas dan ekonomis usaha tani padi sawah dengan teknologi mesin indojarwo, jarwo manual dan tegel (panen Mei 2014) dibawah ini :


Hasil analisis produktivitas dan ekonomis 3 cara tanam padi











 


9 komentar:

  1. Harganya terlalu mahal buat para petani,tidak seimbang dengan penghasilan yg didapat,masa per unit harganya Rp;60.000.000,kalau rentang harganya antara 10-15 juta pasti banyak yg beli....ini bukan penemuan yg bagus,karena harganya terlalu mahal.

    BalasHapus
  2. Pak Ayonk, dengan tanam manual, petani butuh biaya sekitar 2.000.000 per ha, sedangkan menggunakan mesin hanya habis 900.000 untuk biaya tanam. sudah jelas untung 50 % lebih dong.
    itu baru 1 kali tanam, rata-rata di Indonesia petani bisa menanam 2 kali dalam setahun.
    jangan bandingkan alat ini dengan motor bebek yang Bapak punya.

    memang dalam 1 kali panen biaya pembelian tidak bisa langsung tercover, maka dari itu perlu adanya kelembagaan di petani seperti gapoktan, bila dalam 1 gapoktan ada 10 anggota petani, dan masing-masing petani cukup menyicil sebesar 1 juta dari keuntungan panen, maka dalam 1 musim tanam, gapoktan sudah bisa mengumpulkan 10 juta, bila gapoktan itu bisa menanam setahun 2 kali, maka bisa mengumpulkan 20 juta setahun, maka dalam 3 tahun alat itu sudah lunas.

    memang harus gantian untuk menggunakan alatnya, tapi di Indonesia sendiri rata-rata masa tanamnya selama 14 hari, bila 1 hari bisa mengerjakan 1 ha, maka hanya perlu 10 hari untuk menanam menggunakan alat itu.

    itu tadi hanya hitungan kasar saja, Petani kita sekarang sudah semakin pintar dan bijak.
    bahkan ada kelompok tani yang mau dan bisa mendapatkan keuntungan dengan membeli alat pemanen yang harganya bahkan 5x lebih besar dari alat tanam tersebut.

    tolong dikoreksi kalau ada pernyataan saya yang tidak tepat. terimakasih.

    BalasHapus
  3. alat ini sudah diproduksi massal dan sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia, jadi tolong hargai sedikit modifikasi anak bangsa ini.

    BalasHapus
  4. Mantap, Indo Jarwo menurut saya sangat cocok dengan pertanian di indonesia yang mayoritas Petani Padi,, Kalo dari segi harga menurut saya terbilang murah karena pemakaian jangka panjang dan untuk pengerjaan Ribuan Ha jadi lebih cepat,
    Sangat Cocok untuk Poktan (kelompok pertanian) dan Petani Besar..

    BalasHapus
  5. Dimana kami bisa dapatkan mesin indo jarwo transplanter untuk area sulawsi selatan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Saya berminat untuk bisa punya mesin tersebut cuma yang kendala soal teksture tanah sawah di daerah kami sangat dalam lumpurnya dan apakah mesin tersebut bisa digunakan untuk segala medan lahan sawah dan soal familiarisation cara kerja mesin tersebut gimana soalnya belum ada perkenalan dg mesin tersebut didaerah kami makasih, montong sari weleri,kendal

    BalasHapus
  7. Saya berminat untuk bisa punya mesin tersebut cuma yang kendala soal teksture tanah sawah di daerah kami sangat dalam lumpurnya dan apakah mesin tersebut bisa digunakan untuk segala medan lahan sawah dan soal familiarisation cara kerja mesin tersebut gimana soalnya belum ada perkenalan dg mesin tersebut didaerah kami makasih, montong sari weleri,kendal

    BalasHapus
  8. Memang mesin ini dapat membantu dan meringankan biaya dalam pelaksanaannya, akan tetapi mohon maaf sebelumnya, dalam bercocok tanam terutama padi tidak semua mampu untuk pembelina mesin dan coba kita bayangkan seandainya ada mesin justru jd menambah pengangguran karena bagi para buruh tanam padi kehilangan pekerjaannya.

    BalasHapus
  9. Jika Anda memiliki masalah keuangan, sekarang saatnya bagi Anda untuk tersenyum. Anda hanya perlu menghubungi Bpk. Benjamin dengan jumlah yang ingin Anda pinjam dan periode pembayaran yang sesuai untuk Anda dan Anda akan memiliki pinjaman dalam waktu kurang dari 48 jam. Saya hanya mendapat manfaat untuk keenam kalinya pinjaman 700 ribu dolar untuk jangka waktu 180 bulan dengan kemungkinan membayar sebelum tanggal kedaluwarsa. Lakukan kontak dengannya dan Anda akan melihat bahwa dia adalah orang yang sangat jujur dengan hati yang baik. Surelnya adalah lfdsloans@lemeridianfds.com dan nomor telepon WhatApp-nya adalah + 1-989-394-3740

    BalasHapus