Rabu, 10 Juni 2015

RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PENYULUHAN (RAKORENLUH) PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2015




RAKORENLUH merupakan salah satu kegiatan rutin Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan Provinsi Lampung yang diselenggarakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan sinergisitas program/kegiatan pembangunan penyuluhan antara pusat dan daerah serta meningkatkan efektifitas penyelenggaraan program/kegiatan penyuluhan di Provinsi Lampung.

Ir. NASRIZAL JALINUS, MM. (Ka.Set.Bakorluh PPK Prov. Lampung)
memberi sambutan sekaligus membuka acara 
RAKORENLUH PPK Prov. Lampung Tahun 2015

Pada tahun anggaran 2015 ini, RAKORENLUH PPK Provinsi Lampung diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 26 Maret 2015 bertempat di Aula Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Lampung. Acara dibuka oleh Ir. Nasrizal Jalinus, MM., selaku Kepala Sekretariat Bakorluh PPK Prov. Lampung dengan mengundang Narasumber Pusat dari pusat-pusat penyuluhan kementerian terkait seperti Pusat Penyuluhan Pertanian – Kementerian Pertanian RI, Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta dari Pusat Penyuluhan Kehutanan – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

ki-ka: Kapusluh KP - Kapusluh Hut - Kaset Bakorluh - Kasubbid Program dan Kerjasama Penyuluhan, Pusluh Tan


RAKORENLUH PPK Provinsi Lampung Tahun 2015 dihadiri oleh 75 (tujuh puluh lima) orang peserta yang berasal dari Dinas/Badan/Institusi terkait tingkat Provinsi, BP4K/BKP3 Kabupaten/Kota, Pejabat Lingkup Sekretariat Bakorluh PPK Provinsi Lampung dan Kelompok Jabatan Fungsional Bakorluh PPK Provinsi Lampung serta Organisasi profesi.

Pada kesempatan ini, para narasumber pusat memaparkan materi dengan judul antara lain: “Dukungan Penyuluhan Dalam Upaya Khusus (Upsus) Percepatan Pencapaian Swasembada Padi, Jagung, Kedelai Tahun 2015-2017” (Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP – Kementerian Pertanian RI); “Kebijakan Penyelenggaraan Penyuluhan KP mendukung Program Prioritas KKP dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2016” (Pusat Penyuluhan KP, BPSDMKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI) dan “Kebijakan Penyuluhan Kehutanan Tahun 2015-2019” (Pusat Penyuluhan Kehutanan, BP2SDM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).

Ir. ERNI MAYANA, MM. (Kapusluh Kehutanan)
Ir. TATANG TAUFIQ HIDAYAT, MS. (Kapusluh KP)
HASAN LATUCONSINA, SP. (Kasubbid Program dan Kerjasama Penyuluhan - Pusluhtan, mewakili Kapusluh Tan)
Sesi Diskusi dan Tanya Jawab RAKORENLUH 2015


Dari materi-materi yang dipaparkan tersebut secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Keberhasilan Swasembada Pangan menjadi harga mutlak bagi Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan
  • Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan merupakan AGEN PERUBAHAN pemberdayaan masyarakat pelaku utama perikanan menuju swasembada pangan nasional






Tidak ada komentar:

Posting Komentar